Home » TEACHING METHODS » Teaching Log (Discussion Text)

Teaching Log (Discussion Text)

Teaching log 2

Tahap Building Knoeledge of Field (BKoF)

Pertemuan 2

Kelas XII IA 3 Jam 10.20-11.50

 

Materi yang diajarkan pada pertemuan ini ditujukan agar siswa mampu menangkap ekspresi-ekspresi penting yang digunakan pada teks berbentuk Discussion sehingga kemudian mereka dapat membuat secara mandiri teks berbentuk Discussion.

Untuk itu, Siswa diminta menyimak secara seksama teks berjudul “Is X-Ray Examination Necessary?”

Ketika teks diperdengarkan sebagian siswa ada yang megulang apa yang diucapkan oleh native speaker, ada pulan yang hanya mengulang bagian-bagian tertentu dari teks karena barangkali mereka menganggap intonasi yang digunakan pembicara tidak seperti yang dibayangkannya. Siswa yang lainnya mencoba menyimak dengan diam sambil matanya membaca pada layar LCD.

Seusai teks diperdengarkan, siswa ditanya  “what is the topic of the text about?” Beberapa siswa menjawab dengan yakin “it is about an X-ray.” Saya susul dengan pertanyaan kedua “What is X-ray?” seorang siwa menjawab dengan ragu “It is spectrum light.” Saya tunjukkan kesetujuan saya dengan mengucapkan “Yes, you are right, it is spectrum light. But now think, does an x-ray give advantages or disadvantages to us? “ salah satu siswa menjawab “it gives positive effect” saya Tanya “are you sure? Are you sure that the speaker only mentioned positive sides of using x-ray?” siswa tersebut mengulang jawaban “it gives negative effect” saya tanyan lagi “ are you sure that it gives negative effect?” para siswa saling menatap dengan temannya. Saya katakana “well, it seems to me  that you did not get all the messages proposed by the speaker. Now read the text, find some positive or negative effects of using an x-ray.” Siswa membaca teks. Sebagian siswa mengobrol. Entah apa yang dibicarakan. Saya berdiri dan berkata “baca dengan seksama, kesempatan kamu membaca dan belajar bersama saya tidak akan lama lagi berakhir.” Semua siswa diam, menatap saya. Saya seolah dapat merasakan kegundahan perasaan siswa saya yang sebentar lagi menghadapi UJian Sekolah (US). Tapi saya tidak memperdulikan itu terlalu lama. Saya Tanya lagi siswa “now, can you mention why people agree to use x-ray?” beberapa siswa menjawab. Dan selanjutnya pertanyaan saya dapat dijawab dengan baik oleh siswa.

Saya lanjutkan dengan mengajak siswa melihat ekspresi-ekspresi yang digunakan pada teks discussion. Saya awali dengan mengajak siswa untuk mengingat ekspresi pada naratif. Saya katakan “ in a narrative text, you start your narration by saying ‘once upon a time’. Followed by ‘there was …, and then ‘one day …. “ those are used in narrative. Here in discussion text, locate to the sentence There are many conflicting opinions about the use of X-Rays in a hospital.  Kata conflicting hendak menunjukkan bahwa ada perdebatan di dalam teks ini. Dapatkah kamu menunjukkan apa conflicting opinion pada teks ini? Siswa menjawa “agree and disagree”.

Dengan menggunakan teks sebelumnya yang berjudul “death penalty” saya ajak siswa untuk menemukan ekspresi-ekspresi penting pada teks berbentuk discussion.

Berikut ini adalah yang dicatat oleh siswa berdasarkan analisa terhadap teks X-ray, Death penalty dan Australia should be republic.

Discussion = melihat sebuah isu dari dua sudut pandang atau lebih

Ekspresi awal untuk menunjukkan ada perdebatan pada teks

a)          There are many conflicting opinions about (the use of X-Rays in a hospital) /school uniform/

b)        People have different opinions on the issue of (the capital punishment).

c)         (Australians) have been debating the possibility of becoming (a republic). There are arguments for and against …..

d)        Death penalty has been debating the possibility of becoming new law in Indonesia fro drug dealers.

e)        Introducing a (short work week) may lead to both positive and negative effects on society.

Kata-kata yang terdapat pada dalam kurung dapat diubah sesuai dengan topik yang sedang dibicarakan

Ekspresi untuk menyatakan mendukung pro/setuju/agree/ positive

a)                  60% people agree that ……

b)                  Some think that (death penalty is necessary for those who have committed a terrible crime.)

c)                  People see that ….

 Ekspresi untuk menunjukkan pergantian cara pandang

a)                  However …..

b)                  On the other hand …..

c)                  Although ..

d)                  Unfortunately …

e)                  Meanwhile (sedangkan)

Eskpresi untuk menunjukkan menentang/against/ cons/ disagree

a)                  There are others who consider (death penalty) as an immoral act

b)                  40% of the patients disagree with the ….

c)                  Those opposed the opinion …

Ekspresi untuk menutup perdebatan

a)            It can be seen that these are reasons for and against (becoming a republic). After looking at both sides I still believe that Australia should become a republic.

b)            The question whether capital punishment is a moral or an immoral act in cultured society, does not have a definite answer ….

c)             Well, as a result of this controversy, many people use traditional health cure to avoid the high cost of hospital care. However, hospitals still insist on having X-Ray examination on patients to get an accurate diagnosis although the cost is very high.

d)   to sum up ….

e)  In conclusion

f)  In summary ….

saya mencontohkan bagaimana ekspresi-ekspresi yang dicatat di atas dapat digunakan ketika hendak membuat teks discussion. saya minta siswa untuk melihat kembali teks Death Penalty dan mencoba menulis ulang teks tersebut ke dalam bentuk paragraf-paragraf teks discussion. saya contohkan, misalnya memulai penyampaian pertentangan dengan menggunakan ekspresi conflicting opinion seperti poin a).

There are many conflicting opinions about death penalty. Death penalty is an act of taking human’s life as a severe punishment for a terrible crime. There are people who support/agree/see that death penalty is accepted.  They proposed at least five reasons. First, …., second,  third,… and then,…. And the last  …. .

 

However, some people disagree because ……

To sum up, death penalty depends on ….

Sebagian siswa mencoba mengikuti penulisn dengan memanfaatkan  ekspresi yang telah dicatat. Masih tertinggal 5 menit lagi untuk bel berbunyi. saya umumkan agar mereka melanjutkan menulis di rumah. gunakan waktu yang tersisa untuk memakai sepatu (saya mengajar di ruang Lab dan siswa tidak diperkenankan memakai sepatu)


Leave a Reply

