Home » ENGLISH TEACHER'S JOKE » Media Pendidikan

Media Pendidikan

Sumber Belajar:
1. Orang (people), orang-orang yang memiliki keterampilan dan kemampuan tertentu
2. Pesan (message) ajaran atau informasi
3. Bahan (materials), buku, modul, film, audio
4. Alat (device) hardware/ perangkat keras dan digunakan untuk menyajikan pesan
5. Teknik a/ prosedur rutin atau) acuan yg disajikan u/ menggunakan alat, bahan, orang n lingkungan u/ menyajikan pesan
6. Lingkungan (setting) (yg memungkinkan ss belajar) (5)

Media Pendidikan
Definisi:
1. Gagne (1970) ‘media a/ berbagai jenis komponen dlm lingk ss yg dpt merangsangnya u/ belajar
2. Briggs (1970) ‘media a/ segala alat fisik yg dpt menyajikan pesan serta merangsang ss u/ belajar, ex: buku, film, kaset
3. National Education Association ‘media a/ bentuk2 komunikasi baik cetak maupun audiovisual serta peralatannya (6)

Perkembangan media pendidikan
Semula dianggap sbg alat bantu mengajar (teaching aids), spt visul (gbr, model, objek). Abad 20an masuk alat bantu audio, lahirlah audio-visual aids (AVA) (7)
1960-1965 :ss komponen penting dlm belajar. B.F Skinner (behaviorism theori) mendorong agar memperhatikan ss dlm proses pembelajaran. Media instruksional yg dihsilkan teori ini : teaching machine n programmed instruction.
1965-1970 : pendekatan sistem (system approach), mendorong menggunakan media dlm keg pembelejaran. (11)

Encoding = proses penuangan pesan ke dalam simbol-simbol non verbal atau visual
Decoding = proses penafsiran simbol-simbol komunikasi yg mengandung pesan-pesan
Barriers / noises = faktor yang menghambat/ penghalang proses komunikasi (13)
Hambatan psikologis : minat, sikap, pendapat, kepercayaan, intelegensi, pengetahun
Hambatan fisik : kelelahan, sakit, keterbatasan daya indera, cacat tubuh
Hambatan kultural : perbedaan adat istiadat, norma sosial, kepercayaan, nilai panutan
Hambatan lingkungan: situasi dan kondisi sekitar

Manfaat media dlm PBM
1. Memperjelas penyajian pesan
2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, daya indera
a. Objek terlalu besar, diganti dg realia, gbr, model
b. Objek kecil, dibantu dg proyektor mikro
c. Gerak terlalu lambat/cepat, dibantu dg timelapse/ high speed photography
d. Kejadian happen in the past
e. Objek terlalu kompleks, disajikan dg model, diagram
f. Konsep terlalu luas (gunung berapi, gempa bumi, iklim) divisualisasikan dlm film
3. Penggunaan yg tepat dan variatif dpt mengatasi sikap pasif ss

Jenis:
1. Media grafis (visual)
a. Gambar/foto. Media yang paling umum dipakai. Dia mrpkn bahasa yg umum, yg dpt dimengerti dan dinikmati dimana2. (29). Pepatah Cina, ‘sebuah gbr bercerita lbh banyk daripada seribu kata.
Kelebihan:
1) Sifatnya konkret. Gbr/foto lebih realistis menunjukkan pokok masalah dibandingkan dg media verbal (29)
2) Gbr dpt mengatasi batasan ruang n waktu. Tdk semua objek, benda atau peristiwa dpt dibawa ke kelas dan tdk selalu ss bs dibawa ke objek/ peristiwa tsb.
3) Media gbr/ foto dpt mengatasi keterbatasan pengamatan.
4) Foto dpt memperjelas suatu masalah, shg dpt mencegah/ membetulkan kesalahpahaman
5) Foto harganya murah n mudah didapat serta digunakan tanpa memerlukan peralatan khusus
Syarat gbr yg dpt dijadikan media pendidikan:
1) Autentik, gbr melukiskan situasi yang sebenarnya
2) Sederhana, komposisi menujukkan poin2 pokok dlm gbr (31)
3) Ukuran relatif (32)
4) Gbr/foto sebaiknya mengandung gerak/perbuatan. Gbr yg baik tdklah menunjukkan objek dlm keadaan diam tp memperlihatkan aktivitas tertentu
5) Gbr yg bagus blm tnt baik. Gbr buatan ss sering kali lbh baik
6) Tdk semua gbr yg bagus dpt dijadikan media yg bagus, tp bagus dr sudut seni n sesuai dg tujuan pembejaran (33)
b. Sketsa , draft kasar lukisan
c. Diagram
d. Bagan/chart : flip chart /dibalik, hidden chart/ditutup, tree chart/bagan pohon, flow chart/arus, time line chart, stream chart,
e. Grafik /graphs: grafik garis/ line graphs, grafik batang, grafik lingkaran /circle graphs/ pie graphs, grafik gbr/pictorial graphs
f. Kartun
g. Poster
h. Peta/globe
i. Papan flanel/ flannel board
j. Papan buletin/ bulletin board


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: