Home » Uncategorized » Waktu

Waktu

Waktu memiliki satuan ukuran, mulai dari detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun dan seterusnya. Waktu walaupun bisa diukur tetapi bersifat gaib, karena tidak ada yang bisa memegangnya.

Ukuran waktu sama tetapi persepsi terhadap waktu tidaklah sama. Seseorang dapat mengatakan bahwa waktu itu pendek. Contoh, ketika dia menonton sepak bola piala dunia, dari detik ke detik terasa sangat cepat, sehingga dia tidak merasakan jika waktu untuk bermain telah habis. Sedangkan seseorang yang lain mangaku bahwa waktu itu panjang atau lama. Misalnya ketika dia sedang menunggu sesuatu, dia merasakan dari detik ke detik teramat lama bahkan dia merasa bosan dengan waktu.

Dapatkah waktu diperlambat atua dipercepat? Waktu dapat diperlambat persepsinya. Seorang pemain silat atau bela diri lainnya mampu membuat persepsi waktu lebih lambat dibandingkan orang bisaa yang membutuhkan 20 detik untuk berkedip.  Seorang pemain silat ketika berkonsentrasi, dia mampu melihat gerakan yang tak mampu diikuti oleh gerak mata tak terlatih  seolah geraknya lambat sehingga dia mampu melakukan gerakan tangkisan atau serangan sesuai kebutuhan setalah dia mampu membaca gerak lawan.

Seekor lalat mampu menangkap gerak lebih banyak dibandingkan dengan manusia dalam satu satuan waktu. Dalam satu detik manusia mampu menangkap 60 images sehingga menjadi sebuah gambar yang utuh,s edangkan lalat menangkap 2.000 images. Maka tak heran lalat melihat gerak dengan cara yang berbeda dengan manusia. Dia melihat segala sesuatunya berjalan sangat lambat. Ketika manusia memukulkan kertas untuk mengusir seekor lalat, hampir selalu tidak berhasil, ini terjadi karena kecepatan waktu yang dialami manusia dan lalat tidak sama.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: