Home » TEACHING METHODS » NYONTEK (CHEATING)

NYONTEK (CHEATING)

Siswa menyontek merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi oleh para guru sekarang.

Pada umumnya guru memberikan arahan agar para siswa tidak melakukan tindakan tidak jujur selama ujian, tetapi tindakan memalukan ini tetap terjadi.  Menyontek dengan cara melihat jawaban yang dibuat oleh siswa lain, membuat catatan khusus untuk contekan, menuliskan rumus pada meja, menggunakan kode tangan atau jari, menyimpan catatan pada hape, membuka buku ketika ujian, atau pura-pura ke wc untuk mendapatkan jawaban dari temannya tetap terjadi.

Menyontek adalah tindakan kejahatan. Digolongkan ke dalam tindakan kejahatan karena menyontek adalah semacam tindakan yang mengambil sesuatu secara tidak sah. Tindakan kriminal ini, berakibat buruk bagi para siswa. Siswa yang biasa menyontek secara perlahan menurunkan kemampuan mentalnya sendiri. Menyontek juga mengakibatkan ketergantungan. Melemahkan rasa percaya diri. Ketika waktu ujian tiba, penyontek bukannya mempersiapkan diri untuk ujian, tetapi malah sibuk menyiapkan contekan. Jika kebiasaan buruk ini terus berkelanjutan maka siswa seperti ini akan kehilangan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan otak dan intelektualnya.

Karena itu, sekolah sebagai lembaga formal pendidikan harus melihat masalah menyontek sebagai persoalan yang serius. Tenaga pendidik dan non kependidikan yang ada pada dewan sekolah harus bekerja sama untuk menyelesaikan masalah ini. Jika perlu masukkan pemberantasan menyontek ke dalam misi sekolah. Hukuman yang keras harus diberikan kepada siswa yang terbukti melakukan kejahatan ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: