Home » TEACHING METHODS » Penggunaan foto untuk menulis teks Recount

Penggunaan foto untuk menulis teks Recount

Teks Recount adalah teks yang menceritakan kembali apa yang telah terjadi (tell what had happened, K-6;193) dengan tujuan mendokumentasikan serangkaian kejadian ke dalam bentuk tulisan.

Pembuatan teks Recount dapat dilakukan baik secara berkelompok ataupun perorangan. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan secarindividual adalah membuat Personal Recount yang beralur pada timelines.

Pada umumnya para siswa selalu membawa hand-phone kemanapun mereka pergi dan mengabadikan beberapa kegiatan yang mereka lakukan dengan memanfaatkan kamera handphone dan disimpan pada galleries.

Photo Galleries ini dapat digunakan seperti timeline. Photo yang disimpan tidak hanya menangkap kegiatan yang dilakukan, tetapi menyimpan pula waktu pengambilan gambar itu diambil.

Dengan meminta kepada siswa untuk memilih satu seri kejadian yang diabadikan, kemudian di cetak dengan ukuran gambar 3 x 4 cm, maka siswa memiliki sumber ide pengalaman yang bisa diceritakan secara tertulis.

Mulailah dengan memilih gambar yang akan dijadikan bagian Opening. pada bagian ini mencakup dimana, kapan, bersama siapa dan siapa saja yang akan diangkat ke dalam tulisan. Mengacu pada gambar, mintalah siswa mengobservasi gambar secara seksama, hasil pengamatan pada gambar akan menghasilkan deskripsi W’s yang sangat rinci untuk orientation.

Mengikuti gambar, lanjutkan dengan menuliskan event-event yang menarik untuk diceritakan secara tertulis. Adanya gambar akan membantu siswa untuk mengelaborasi kegiatan dengan rinci. Ajak siswa untuk menggunakan Adjective dan Powerful verb agar tulisan terasa hidup. Serta dengan memasukkan Feelings dan thoughts siswa, tulisan akan semakin menarik dan terasa personal.

Foto dan kata-kata membantu siswa mengaktualisasikan dirinya dalam bentuk tulisan.


2 Comments

  1. kusy says:

    artikel yang bagus dan sangat membantu saya..apakah ada source yg lain yang berhubungan dengan pengajaran writing recount text menggunakan photograph atau lebih khususnya persoanal photograph?

    • badriah says:

      kalau artikel saya tidak melihatnya, tetapi pernah saya lihat dalam bentuk skripsi dengan judul Improving students writing by using my own best pictures

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: