Home » TEACHING METHODS » Cara Mudah Menyajikan Materi Ajar Listening- Teks Monolog

Cara Mudah Menyajikan Materi Ajar Listening- Teks Monolog

Salah satu kemampuan berbahasa Inggris yang harus dikuasai oleh peserta didik tingkat SMA adalah kemampuan menyimak (Listening). Banyak cara yang dapat dilakukan oleh para pendidik untuk membuat para peserta didik meningkat dalam kemampuan menyimaknya.

Salah satu cara yang sering dan biasa dilakukan adalah dengan memutarkan kaset yang di dalamnya telah direkamkan monolog teks, dialog, dan ekspresi.

 

Bagi beberapa sekolah yang memiliki fasilitas relatif lengkap, kegiatan menyimak dengan memutarkan kaset, CD, atau DVD  bukan merupakan masalah yang besar. Sekolah-sekolah yang dilengkapi dengan fasilitas Pusat Sumber Belajar (PSB) menyajikan latihan menyimak menjadi kegiatan pembelajaran yang sangat menarik.

 

Namun berlainan sekali dengan sekolah-sekolah yang belum memiliki sarana yang cukup untuk itu. Maka dalam hal ini, kreatifitas guru tertantang untuk mampu menyajikan materi listening dengan sarana dan kondisi kelas yang “seadanya” (dalam tanda kutip)

 

Tidak jarang guru menyajikan materi ajar menyimak berubah bentuk menjadi materi ajar menulis, dalam arti  kegiatan pembelajarannya berubah. Misalnya para guru berharap siswa mampu menemukan informasi tertentu dari teks monolog lisan pendek. Tetapi pada pelaksanaanya guru pertama-tama meminta para siswanya untuk membaca teks; kemudian mereka menjawab pertanyaan yang menyertai teks.  Dalam hal ini, kegiatan monolog lisan tidak terjadi, yang dilakukan adalah membaca.

 

Menyikapi hal di atas, tidak lantas serta merta guru dengan merogoh kantongnya sendiri membeli peralatan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran menyimak. Ada cara mudah dan murah yang dapat dilakukan.

 

Sebagai contoh mari kita lihat teks berikut. Teks ini ditujukan untuk menemukan informasi rinci dari sebuah teks ( Membaca). Teks ini dapat diubah menjadi teks monolog dengan cara mengubahnya menjadi teks monolog.

 

Read the text below and then answer the questions below it

The killer sea waves known as tsunamis are so quiet in their approach from a far, so harmless, that until their history has been one of surprise attack.

These seismic sea waves- or tidal waves, as they are sometimes called- bear no relation to the moon or tides. And the word tsunami, Japanese for harbor wave, relates to their destination rather than their origin. The causes are various: undersea or coastal earthquakes, deep ocean avalanches or volcanism. Whatever the cause, the wave motion starts with a sudden move like a hit from a giant paddle that displaces the water.

In 1883, Krakatau volcano in the East Indonesia erupted, and the entire island collapsed in 820 feet of water. A tsunami of tremendous forces bouncing around Java and Sumatra, killing 36,000 people with walls of water that reached 115 feet in height.

In 1946, tsunami struck first near Alaska and then without warning hit the Hawaiian islands, killing 159 people and causing millions of dollars damage.

 

  1. What is the topic of the text above?
  2. What is Tsunami caused by?
  3. When did Krakatau volcano erupt?

Pertama, untuk mengubah teks reading menjadi monolog teks lisan, ubahlah perintahnya menjadi perintah yang meminta peserta didik untuk menunjukkan kemampuan menyimak.

In this section of the exercise you will have a chance to show how well you understand spoken English. You will hear Ms B reads a text. The text will be read two times. They will not be printed in your working sheet, so you must listen carefully to understand what Ms B says. Choose a, b, c, or d as your best answer.

 

 

Kedua, pastikan bahwa siswa memegang lembar kerja TANPA ada teks.

 

Ketiga,pastikan bahwa guru yang membacakan teks ajeg pada perintah yang dibuatnya. Yakni hanya membaca teks dua kali saja.

 

Keempat, guru membacakan teks dengan suara yang cukup terdengar oleh seluruh peserta didik.

 

Kelima, pertnyaan yang mengikuti teks monolog diubah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tetapi misalnya jika peserta didik hendak diarahkan pada penguasaan SKL Listening UN (=jawaban disediakan), maka berilah mereka lembaran kerja yang memuat hanya pilihan-pilihan jawaban saja. Sebagai contoh, berikut pengubahan soal

1) Ms B describes in detail …………..

a. How harmless the tsunami seems to be for sailor

b. What damage the tsunami caused in Japan

c. When the tsunami tends to attack unexpectedly

d. Why tsunamis are called the killer sea waves


2) When did the Krakatau erupt?

a. 159                 b. 115                    c. 1883                  d. 1946


3) How high was the sea wave that took 36,000 lives?

a. 115 feet       b. 159 feet          c. 100     feet      d. 820 feet


4) The thing that cannot cause for seismic waves is…

a. Earthquakes under the ocean                            c. ocean volcanoes

b. The rise and falls of sea levels                           d. underwater avalanches

 

Hal-hal yang disampaikan di atas, dapat dilakukan oleh semua guru. Sehingga para peserta didik dapat mengenal monolog lisan tidak hanya melulu pada saat Ujian Nasional saja.

 

Tulisan ini tentu saja tidak merupakan jawaban atas semua permasalahan yang berkaitan dengan listening di kelas. Mengingat setiap kelas memiliki ruhnya sendiri dan keunikannya sendiri.

 

Selamat berkarya.


1 Comment

  1. win sri says:

    kayaknya mudah kl d tori miss, tp susah d praktekkan, engingat sdm yang ada tdk sesuai harapan. thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: