Home » Uncategorized » MONOLOG

MONOLOG

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik tingkat SMA sebagai hasil dari mempelajari bahasa Inggris adalah BERBICARA.

Rumusan Kompetensi Dasar untuk berbicara untuk peserta didik kelas XII salah satunya adalah : Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk Explanation sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Melakukan monolog bagi peserta didik pada umumnya tidaklah sederhana untuk bisa dilakukan. Para pendidik tidak dapat dengan  serta merta mengatakan bahwa Tugas Mandiri Tidak Terstruktur (TMTT) untuk semester ini adalah Monolog Explanation, tanpa memberikan petunjuk terlebih dahulu.

Pendidik memiliki cara unik masing-masing untuk membuat peserta didik berbicara monolog explanation, berikut ini salah satu tips yang dapat diaplikasikan agar siswa” mau” berbicara.

  1. Pastikan bahwa peserta didik mengetahui tujuan akhir dari pembelajaran teks Explanation, salah satunya adalah bahwa mereka mampu membawakan sebuah teks Explanation tanpa interupsi selama 4 menit.
  2. Mintalah peserta didik untuk mencari informasi yang melibatkan proses yang terjadi secara alami. Perkenankan mereka memakai teks yang ada pada buku-buku referensi pelajaran bahasa Inggris. Jika memungkinkan anjurkan untuk mencari teks dari internet, karena internet menyajikan lebih banyak teks. Untuk mencari dari internet gunakan kata kunci “how… happened, how to….., how … occurred, how… formed” – misalnya how tsunami occurred.
  3. Setelah teks mereka dapatkan, buatlah daftar kata kunci/ kata-kata penting untuk membuat general statement.
  4. Tuliskan secara berurutan bagaimana sebuah proses terjadi, dan tuliskan kata-kata penting untuk menjelaskan setiap fase proses tadi.
  5. Buatlah gambar / skema / siklus / fase pada kertas karton atau manfaatkan power point  untuk membantu menjelaskan proses
  6. Beritahukan karena tugas monolog ini tidak ditentukan waktunya oleh guru, maka sampaikan bahwa mereka yang melakukan monolog lebih cepat akan mendapat nilai afektif yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang melakukannya diakhir-akhir semester
  7. Sampaikan pula bahwa untuk alat bantu yang mereka buat akan mendapatkan nilai khusus untuk “aid’
  8. Penilaian yang akan mereka peroleh adalah nilai Psikomotor / unjuk kerja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: