Posted by: badriah | July 3, 2010

Cara Efektif Penggunaan Bahan Ajar Otentik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing

Bahan Ajar Otentik

  1. Latar Belakang

Bahan ajar otentik telah digunakan lebihi dari 10 tahun dan telah diakui kebermanfaatannya dalam pemebelajaran bahasa Inggris karena keterhandalannya bagi terciptanya sikap belajar yang lebih positif. Bahan ajar otentik mencakup:

1)      Menu

2)      Resep

3)      Peta

4)      Koran

5)      Pamphlet

6)      Catalog

7)      Buku telepon

8)      Pamphlet griya tawang

9)      Berbagai sumber lain yang menarik

  1. Memilih bahan Ajar Otentik

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih bahan ajar otentik, diantaranya:

  1. Pastikan fotokopian materi cukup untuk seluruh siswa
  2. Sebaiknya jumlah halaman sesuai kebutuhan, dan diberi nomor halaman untuk kemudahan acuan.
  3. Jika materi digunakan pada beberapa kelas, jenis kertas harus memadai dan dapat dengan mudah kembali disusun atau dilipat.
  4. Beberapa jenis catalog akan sangat baik jika mengambil edisi terbaru untuk menjaga keterkinian isi.
  5. Pilih materi yang sesuai dengan tingkatan kelas siswa
  6. Penyesuaian dapat dilakukan tergantung pada jenis dan level pertanyaan yang diberikan sebagai penyerta handout yang diberikan.
  1. Penggunaan Bahan Ajar Otentik

Ketika pertama kali para siswa diperkenalkan dengan bahan ajar otentik, berikan materi kepada setiap siswa secara idividu. Tetapi jika hendak diberikan kepada siswa secara berpasangan dengan alasan jika siswa belajar secara berpasangan cenderung lebih antusias dan belajar lebih aktif, tentu saja hal ini dibenarkan.

Setalah bahan ajar otentik diberikan, berikan penjelasan singkat, misalnya mengenai pentingnya peran daftar isi pada sebuah pamphlet atau sebuah buku peta. Kode dan tulisan-tulisan kecil biasanya tidak terperhatikan, tunjukkan kepada siswa mengenai makna dan fungsi kode-kode tersebut.

Melampirkan pertanyaan

Bahan ajar otentik akan menjadi sangat efektif jika pertanyaan yang menyertainya dikonstruksikan dengan sangat baik, dengan tujuan:

a)      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk latihan menggunakan bahasa Inggris raga tulis

b)      Membantu siswa untuk merasa percaya diri dengan kemampuan berbahasa Inggrisnya

c)       Memperkenalkan ragam budaya dan perbedaan adat istiadat kepada siswa

d)      Membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan menemukan informasi yang dibutuhkan dengan cepat

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: